Tapa Brata Yoga Samadhi

    Tapa Brata Yoga Samadhi
    Foto: Tapa Brata Yoga Samadhi

    (Tapa)

    Regweda IX.83.1

    Orang tidak bisa menyadari Tuhan yang Maha Esa, Yang Maha Agung, tanpa melaksanakan tapa

    Regweda XIX.83.1

    Orang yang tanpa menjalankan tapa (pengekangan diri) yang keras, tidak dapat menyadari Tuhan Yang Maha Esa.

    Atharwaweda XI.8.2

    Tapa dan keteguhan hati adalah satu-satunya juru selamat di dunia yang mengerikan

    Atharwaweda VII.61.2

    Ya Tuhan Yang Maha Esa, kami melaksanakan tapa (pengekangan diri) yang bersifat batiniah (mental) dan jasmaniah (fisik). Semoga kami mencapai usia panjang dan menjadi cerdas dengan mempelajari Weda

    Atharwaweda III.24.5

    Wahai umat manusia, perolehlah kekayaan dengan seratus tangan dan dermakanlah itu dalam kemurah-hati dengan seribu tanganmu.

    Yayurweda XXIII.62

    Pengorbanan (yadnya) ini adalah pusatnya alam semesta. Yadnya artinya korban suci, yakni korban yang dilandasi oleh kesucian hati, ketulusan dan tanpa pamrih. Yadnya mengandung pengertian yg sangat luas, jauh lebih luas dibandingkan dengan pengertian upacara atau upakara. Yadnya merupakan pusat alam semesta karena TYME menyatakan bahwa alam semesta ini diciptakan atas dasar Yadnya, keikhlasanNya selanjutnya Beliau bersabda supaya setiap manusia mengikuti jejakNya. Orang yang tekun melakukan yadnya memperoleh pencerahan batin.

    Brata

    Yayurweda XIX.30

    Dengan menjalankan brata, seseorang mencapai diksa (penyucian diri). Dengan diksa seseorang mencapai daksina (penghormatan). Dengan daksina seseorang mencapai sradhha (kepercayaan/keyakinan) dan melalui sraddha seseorang menyadari kebenaran sejati / Tuhan Yang Maha Agung

    Brata adalah janji luhur melaksanakan disiplin seperti berpuasa, dll. Brata dapat diartikan disiplin tertentu. Seorang yang melaksanakan Brata akan memperoleh penyucian diri (diksa). Brata harus dilandasi dengan sradhha (keimanan) yang mantap. Keberadaan TYME dapat dirasakan melalui brata.

    Yayurweda IX.21

    Pengorbanan hidup (mengikuti hukumNya) adalah patut (dilakukan),  

    Pengorbanan jiwa adalah patut (dilakukan), Pengorbanan mata adalah patut (dilakukan), Pengorbanan telinga adalah patut (dilakukan), Pengorbanan mulut adalah patut (dilakukan), dengan pengorbanan yang dikorbankan itu, seseorang akan menjadi (Prajapati), medapatkan kebahagiaan yang sempurna, semangat tinggi dan memperoleh kehidupan yg abadi.

    Yoga

    Atharwaweda X.2.26

    Seorang suci membuat keserasiannya kepala dan hati. Kemudian, dia menaikan udara-udara vital kearah atas dan memeras udara-udara itu di dalam kepala untuk mencapai tujuannya

    Samadhi

    Regweda VIII.44.19

    Ya Tuhan Yang Maha Esa, orang-orang yang bijaksana menyadari Engkau melalui sarana Samadhi

    Yajurweda XXVI.15

    Orang yang bermeditasi/bersamadhi pada lereng pegunungan atau di pertemuan sungai-sungai, menjadi tercerahkan Melalui (Tapa Brata Yoga Semadhi) ini telah digambarkan oleh Maharesi Wyasa melalui karya sastra Mahabharata mengajarkan kepada kita, agar dapat mematikan semua nafsu yang menjadi musuh utama manusia sehingga menjadi orang suci menurut kaca mata Tuhan, bukan menurut kacamata manusia. Makna dari duabelas tahun di buang ke hutan adalah, bahwa manusia baru dapat mematikan hawa nafsunya yang berupa lima nafsu buruk yaitu panca ripu setelah melaksanakan tapa, brata, yoga, semadhi selama kurun waktu 12 tahun. Hal ini disimbolkan dalam cerita ketika Bima, Arjuna, nakula dan Sahadewa, semuanya meninggal ketika minum air di sebuah kolam. Kejadian ini sebagai pelajaran kepada kita, bahwa Yudistira (sebagai simbol manusia) setelah 12 tahun lamanya mencari jati dirinya, barulah dia bisa mematikan sifat marah (Bima), birahi (Arjuna), loba (Nakula), iri hati (Sahadewa).

    Hal ini juga dicontohkan ketika Bima disuruh oleh Gurunya Drona untuk mencari tirta amerta ke tengah samudera. Setelah Bima mampu mengalahkan naga (yang merupakan simbol nafsu dalam diri) barulah dia dapat bertemu dengan diri sejatinya yang disimbolkan sebagai Dewa Ruci. Cerita ini digambarkan dalam patung Dewa Ruci.

    Diceritakan juga tentang Arjuna sebagai simbol manusia yang sanggup mematikan ego dalam dirinya, maka dialah yang disebut YOGI, dialah sosok manusia yang sudah memahami dan menjalankan Iswara Prani Dhana, penyerahan diri secara ikhlas total atas hidupnya hanya semata-mata menjalankan apa yang menjadi kehendak-Nya, bukan karena ego nya atau karena pahalanya.

    Arjuna adalah simbol manusia yang kaula sudah sejajar dengan Gustinya, maka dia hanya bekerja atas apa yang diperintahkan oleh Gustinya, sehingga dialah manusia yang ditunjukan wujud Tuhan (versi bhagawadgita).

    Penulis: Jagad Dewa Batara

    jateng budaya sastra rohaniah spritual
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    Jagad Dewa Batara: Di Dalam Samudra Kehendak-Nya

    Artikel Berikutnya

    Ahmad Luthfi Banjir Dukungan, Salah Satunya...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVny Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Hendri Kampai: Indonesia Hanya Butuh Pemimpin Jujur yang Berani
    Desa Tulung Klaten Gelar Upacara Penutupan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) Ke-XXVI
    Rutan Kudus Ikuti Arahan Kepala Biro BMN Dalam Pengadaan Pra DIPA Anggaran 2025 Secara Virtual

    Ikuti Kami